Tutorial Penjualan dengan Diskon Bertingkat pada ERZAP ERP

06-03-2024 10:56:24, Dibaca: 2418

Tutorial Penjualan dengan Diskon Bertingkat pada ERZAP ERP

Diskon, sebuah kata yang sering kita temui saat berbelanja offline atau online. Diskon itu sendiri adalah potongan harga dari harga asli produk atau layanan. Diskon sangat penting karena mendorong pembelian, menarik perhatian konsumen, mengurangi stok barang, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan menjangkau target pasar baru. Ini adalah strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pangsa pasar perusahaan.

Salah satu dari contoh penerapan diskon adalah Diskon Bertingkat, dimana diskon bertingkat adalah sebuah strategi pemasaran berupa potongan harga atau penawaran diskon bervariasi berdasarkan faktor tertentu, seperti jumlah pembelian atau nilai total transaksi. 

Contoh diskon bertingkat secara sederhana adalah :

Jika Anda membeli barang dengan harga Rp100.000 dengan diskon bertingkat sebesar 10% pada tahap pertama, 20% pada tahap kedua, dan 30% pada tahap ketiga maka perhitungannya sebagai berikut :

1. Diskon Tahap Pertama 10% :

Anda akan mendapatkan diskon sebesar Rp10.000 (10% dari Rp100.000) pada tahap pertama.
Harga setelah diskon pertama adalah Rp100.000 - Rp10.000 = Rp90.000.

2. Diskon Tahap Kedua 20% :

Anda akan mendapatkan diskon sebesar Rp18.000 (20% dari Rp90.000) pada tahap kedua.
Harga setelah diskon kedua adalah Rp90.000 - Rp18.000 = Rp72.000

3. Diskon Tahap Ketiga 30% :

Anda akan mendapatkan diskon sebesar Rp21.600 (30% dari Rp72.000) pada tahap ketiga.
Harga setelah diskon ketiga adalah Rp72.000 - Rp21.600 = Rp.50.400

Jadi, jumlah total besarnya diskon sesuai dengan ketentuan diatas adalah: Rp10.000 + Rp18.000 + Rp21.600 = Rp49.600.

Demikian adalah contoh sederhana perhitungan diskon bertingkat, berikutnya adalah penerapan diskon bertingkat pada ERZAP ERP.


Ada 2 (dua) cara dalam penerapan diskon pada ERZAP yaitu melalui Data Master Produk dan melalui Faktur Penjualan. Dalam tutorial ini, kita akan membahas bagaimana penerapan kedua metode tersebut.

Adapun isi dari tutorial sebagai berikut :

Daftar Isi
1. Penerapan Diskon pada Data Master Produk
2. Penerapan Diskon pada Faktur Penjualan 

 1. Penerapan Diskon pada Data Master Produk

Penerapan diskon pada data master produk dapat dilakukan melalui menu Data Master, pilih menu Produk, lalu klik menu Manajemen Data.

Berikut adalah halaman Daftar Data Produk, Anda dapat mencari produk yang anda inginkan dengan pencarian di bagian kanan seperti berdasarkan Nama Produk,Merek,Kategori, dan lain-lain yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda. 
Klik Edit untuk mengubah data produk.

Anda akan diarahkan ke halaman Perubahan Data Produk, cara penerapan Diskon pada produk tersebut adalah scroll kebawah sampai dengan kolom Diskon.

Kolom Diskon dapat di isi dengan 3 (tiga) format yaitu :

  1. Diskon Rupiah :Anda dapat meng-inputkan nominal rupiah pada kolom diskon.
  2. Diskon Persentase : Anda dapat meng-inputkan nominal persentase pada kolom diskon.
  3. Diskon Bertingkat : Anda dapat meng-inputkan dua bahkan lebih nominal pada kolom diskon.
    Contohnya seperti 10+5 atau 10%+5% atau 10+5+3% dan masih banyak lagi.
     
Note.
Diskon Bertingkat HANYA BERLAKU untuk nominal persentase saja.

Kemudian klik Simpan untuk menyimpan data produk


2. Penerapan Diskon pada Faktur Penjualan

Akses Faktur Penjualan dengan cara pilih menu Penjualan, lalu pilih menu Faktur Penjualan, kemudian klik Buat Baru.

Berikut adalah halaman Pencatatan Transaksi Penjualan dan lengkapi data-data seperti Outlet Penjual, Termin, dan Barcode - Nama Barang - Kode Ref serta Jumlah yang terjual.

Jika produk tersebut sudah memiliki pengaturan Diskon pada Data Master Produk, maka kolom Diskon akan terisi secara OTOMATIS saat produk tersebut dimasukkan pada Daftar Barang.

Note.
Anda dapat mengubah nominal Diskon sesuai yang di-inginkan pada kolom Diskon.

 Kemudian klik Simpan untuk menyimpan transaksi penjualan.

Anda diarahkan ke menu Pembayaran, lengkapi Jenis Pembayaran serta Memilih Kas/Bank dan input Nominal Pembayaran dari pembeli.
Kemudian klik Proses untuk memproses pembayaran.


Sekian Tutorial Penjualan dengan Diskon Bertingkat pada ERZAP ERP. Silahkan hubungi PIC Anda masing-masing untuk informasi lebih lanjut. Selamat mencoba! Gunakan fitur ini untuk memaksimalkan Efisiensi dan Efektifitas Bisnis anda!

Belum dapat bantuan Sistem yang Cerdas? Klik tombol dibawah untuk Registrasi.

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah

20-10-2021 - Dibaca: 7338 kali.
Verifikasi Dua Langkah adalah metode keamanan yang digunakan user untuk mengantisipasi kebocoran data. User akan diminta untuk memasukan Kode OTP jika hendak login ke Sistem Erzap. Kode OTP akan dikirimkan ke alamat email pihak yang berwenang atau yang bertanggung jawab atas Kode OTP tersebut.
Baca selengkapnya...

Otomatis Catat Fee Marketplace

02-05-2023 - Dibaca: 7714 kali.
Mencatat fee marketplace mengacu pada pencatatan biaya-biaya yang timbul dari berjualan di toko marketplace, seperti biaya transaksi, biaya pengiriman, biaya iklan, dan biaya lainnya. Melakukan pencatatan ini penting untuk mengelola keuangan bisnis dengan lebih efisien dan efektif, maka dari itu Erzap mengembangkan fitur dapat membantu dalam mengelola pencatatan fee marketplace secara otomatis.
Baca selengkapnya...

Tutorial Pendaftaran Pelanggan

26-06-2023 - Dibaca: 3399 kali.
Pendaftaran pelanggan merupakan langkah penting dalam mengintegrasikan pelanggan ke dalam Erzap. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah yang diperlukan untuk mendaftarkan pelanggan pada Erzap. Mulai dari pendaftaran pelanggan, manajemen data pelanggan, hingga menentukan kategori serta jenis pelanggan.
Baca selengkapnya...

Kenali Pajak Masukan dan Pajak Keluaran!

07-08-2022 - Dibaca: 3091 kali.
Pajak Masukan yang merupakan pajak yang seharusnya sudah dibayar oleh PKP atas perolehan barang/jasa kena pajak, pemanfaatan BKP (Barang Kena Pajak) tidak berwujud dari luar daerah, dan impor BKP dalam masa pajak tertentu. Secara mekanisme pengkreditan pajak masukan membuat PKP yang dapat mengkreditkan pajak yang telah dibayar atas perolehan barang dan jasa dengan pajak keluaran yang dipungut ketika melakukan penyerahan barang. Sedangkan Pajak Keluaran merupakan pajak terutang yang wajib dipungut oleh PKP saat menyerahkan barang/jasa kena pajak, ekspor barang kena pajak berwujud/tidak berwujud, dan ekspor jasa kena pajak.
Baca selengkapnya...

Tutorial Fitur Nomor Batch (Batch Number) ERZAP ERP

27-04-2024 - Dibaca: 4013 kali.
Dalam dunia bisnis, istilah "Batch Number" atau "Nomor Batch" mengacu pada serangkaian karakter atau kode numerik yang digunakan untuk mengidentifikasi sekelompok produk atau barang yang diproduksi atau diproses secara bersamaan dalam suatu periode tertentu. Saat suatu produk tiba di rantai pasokan, baik itu melalui pembelian, penjualan, atau penyimpanan dalam inventaris, setiap batch produk diberi nomor batch yang unik. Nomor batch ini memberikan informasi penting tentang produk tersebut. Dalam proses pembelian, nomor batch digunakan untuk melacak asal-usul dan kualitas produk. Ketika barang dijual kepada pelanggan, nomor batch dapat membantu dalam pelacakan produk jika terjadi masalah atau klaim garansi. Di sisi inventaris, nomor batch memungkinkan manajer untuk mengelola stok dengan lebih efisien dan memonitor perputaran barang dengan lebih akurat. Ketika digunakan dengan benar, batch number menjadi alat yang sangat berguna dalam manajemen stok, pelacakan barang dan menjaga kualitas produk dalam seluruh rantai pasokan.
Baca selengkapnya...

Tutorial Penjualan dengan Diskon Bertingkat pada ERZAP ERP - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

penjualan,diskon,diskon bertingkat,faktur penjualan,erzap

Diskon, sebuah kata yang sering kita temui saat berbelanja offline atau online. Diskon itu sendiri adalah potongan harga dari harga asli produk atau layanan. Diskon sangat penting karena mendorong pembelian, menarik perhatian konsumen, mengurangi stok barang, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan menjangkau target pasar baru. Ini adalah strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pangsa pasar perusahaan.