Ssst! Sudah Tahu Rahasia CRM Ini? Yuk, Cari Tahu tentang Personalized Marketing!

07-01-2023 23:55:05, Dibaca: 1524

Apa itu Personalized Marketing?

Personalized Marketing atau disebut juga one-to-one marketing adalah strategi pemasaran yang memberikan layanan secara personal atau individual untuk setiap pelanggan. Dilansir dari Glints, personalised marketing memiliki tujuan untuk meningkatkan customer experience, customer loyalty, dan menghemat biaya iklan. Strategi ini bermula di tahun 1980-an, lahir dari konsep “relationship marketing” yang diusung oleh Leonard Berry, seorang profesor di Texas A&M University. Lambat laun, email marketing sebagai salah satu bentuk personalized marketing mulai populer di tahun 1990-an dan kemudian terminologi “one-to-one marketing” disebutkan dalam buku “The One-to-One Future” yang ditulis oleh Don Peppers dan Martha Rogers pada tahun 1994. Apa saja manfaat penggunaan strategi pemasaran tersebut? Berikut beberapa manfaat personalized marketing bagi optimalisasi CRM beserta tips implementasinya.

Manfaat Personalized Marketing bagi Bisnis

Personalized Marketing memiliki beberapa manfaat bagi bisnis, baik dari segi biaya maupun CRM.

1. Menyampaikan Informasi Lebih Terukur

Personalized marketing sangat mengandalkan data pelanggan dalam pelaksanaannya. Contohnya ketika perusahaan melakukan pemasaran personal seperti mengirimkan email marketing. Perusahaan harus memiliki data pelanggan terlebih dahulu untuk kemudian mengelompokkan mereka berdasarkan kategori dan mengirimkan email yang sesuai berdasarkan kategori tersebut. Perusahaan tinggal mengecek sesuai data yang dimiliki untuk memastikan seluruh pelanggan sudah mendapatkan informasi terbaru yang disampaikan perusahaan. Dengan demikian perusahaan akan lebih mudah mengukur performa strategi pemasaran tersebut dan mudah melihat total konversinya.

2. Menghemat Biaya Pemasaran

Personalized Marketing merupakan strategi yang terukur sehingga perusahaan sudah mengetahui target pemasarannya dengan jelas. Hal ini tentu akan lebih menghemat biaya dibandingkan strategi pemasaran tradisional yang tidak fokus pada target niche melainkan seluruh audiens.

3. Membangun Relasi dengan pelanggan

Pemasaran Personal sesuai namanya akan memudahkan perusahaan dalam membangun relasi personal dengan pelanggan. Alasannya, pelanggan merasa informasi yang disampaikan perusahaan sesuai dengan yang mereka butuh maupun inginkan sehingga terkesan lebih personal dan khusus ditujukan untuk mereka.

4. Meningkatkan Loyalitas pelanggan

Apabila pelanggan merasa diperhatikan oleh perusahaan dan merasa puas dengan informasi yang diberikan, hal ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan sehingga program CRM Anda yang lain juga lebih memiliki kemungkinan untuk berhasil. Selanjutnya Anda tinggal fokus mempertahankan pelanggan (customer retention) untuk mengehemat biaya pemasaran lebih lanjut.

5. Memudahkan Edukasi pelanggan

Target pemasaran personal adalah pelanggan yang sudah pernah “berinteraksi” dengan produk Anda sebelumnya. Dengan demikian, lebih mudah bagi perusahaan untuk mengedukasi pelanggan terkait dengan produk lain yang ditawarkan perusahaan.

Anda mungkin tertarik Siap-siap! Ini 5 Tren Bisnis di 2023 yang Potensial

Tips Implementasi Personalized Marketing Lebih Efektif

1. Selalu Kumpulkan Data pelanggan

Data pelanggan tidak hanya bermanfaat untuk email marketing, tetapi juga bentuk pemasaran personal lain seperti WhatsApp Community, Campaign di sosial media, dan telemarketing. Data yang dimaksud bukan sekadar nomor telepon atau alamat email, tetapi juga data mengenai gender, usia, dan lokasi pelanggan yang bisa Anda lihat melalui laporan insight Instagram.

2. Modifikasi Template saat Mengirim Email Marketing

Email yang dikirimkan kepada pelanggan kemungkinan memiliki template yang sama. Namun, Anda masih bisa memodifikasi pesan tersebut sehingga tetap memiliki kesan personal. Terlebih jika pesan yang dikirimkan adalah pesan ulang tahun dan hari raya.

3. Memanfaatkan Teknologi

Mengirimkan email kepada beberapa alamat email sekaligus dapat menguras waktu dan tenaga. Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan dalam hal ini. Misalnya dengan menggunakan software ERP seperti ERZAP yang memiliki fitur email blast dan newsletter untuk membantu Anda meminimalisir kesalahan ketika mengirimkan beberapa email sekaligus. ERZAP juga dilengkapi dengan fitur CRM lain seperti kategori dan jenis pelanggan. Dengan demikian, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengirimkan email berdasarkan kategori dan jenis pelanggan tertentu. Selain personalized marketing, ada strategi lain yang dapat Anda lakukan untuk menjaga relasi dengan pelanggan. Klik di sini untuk melihat tips menjaga loyalitas pelanggan atau klik tombol di bawah untuk mencoba fitur-fitur lainnya.

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Punya Bisnis Manufaktur? Simak Pentingnya ERP bagi Bisnis Anda!

21-04-2022 - Dibaca: 2127 kali.
Anda punya bisnis manufaktur dan sedang mempertimbangkan ERP? Simak pentingnya ERP bagi bisnis Anda di sini!
Baca selengkapnya...

Tutorial Fitur Nomor Batch (Batch Number) ERZAP ERP

27-04-2024 - Dibaca: 3616 kali.
Dalam dunia bisnis, istilah "Batch Number" atau "Nomor Batch" mengacu pada serangkaian karakter atau kode numerik yang digunakan untuk mengidentifikasi sekelompok produk atau barang yang diproduksi atau diproses secara bersamaan dalam suatu periode tertentu. Saat suatu produk tiba di rantai pasokan, baik itu melalui pembelian, penjualan, atau penyimpanan dalam inventaris, setiap batch produk diberi nomor batch yang unik. Nomor batch ini memberikan informasi penting tentang produk tersebut. Dalam proses pembelian, nomor batch digunakan untuk melacak asal-usul dan kualitas produk. Ketika barang dijual kepada pelanggan, nomor batch dapat membantu dalam pelacakan produk jika terjadi masalah atau klaim garansi. Di sisi inventaris, nomor batch memungkinkan manajer untuk mengelola stok dengan lebih efisien dan memonitor perputaran barang dengan lebih akurat. Ketika digunakan dengan benar, batch number menjadi alat yang sangat berguna dalam manajemen stok, pelacakan barang dan menjaga kualitas produk dalam seluruh rantai pasokan.
Baca selengkapnya...

Syarat & Ketentuan

06-10-2022 - Dibaca: 7048 kali.
Syarat dan Ketentuan ERZAP
Baca selengkapnya...

5 Produk Terlaris di Shopee 2022

02-02-2022 - Dibaca: 3464 kali.
Butuh ide produk untuk berjualan di Shopee? 5 kategori produk ini berpotensi LARIS MANIS!
Baca selengkapnya...

Fitur Promosi Erzap

02-11-2020 - Dibaca: 6407 kali.
Fitur Promosi Erzap ERP yang mendukung bisnis anda untuk dapat mengelola Promosi melalui Sistem. Promosi atau yang lebih dikenal dengan istilah Promo adalah upaya memasarkan produk dengan cara komunikatif ataupun persuasif sehingga calon konsumen lebih tertarik membeli produk Anda dibanding produk kompetitor. Promosi ini bertujuan untuk menciptakan ketertarikan masyarakat menggunakan produk yang ditawarkan serta meningkatkan penjualan.
Baca selengkapnya...

Ssst! Sudah Tahu Rahasia CRM Ini? Yuk, Cari Tahu tentang Personalized Marketing! - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

Tips Pemasaran, Personalized marketing, pemasaran personal, email marketing

Personalized marketing merupakan salah satu jenis pemasaran yang efektif untuk mendukung CRM. Cari tahu lebih lanjut di sini.