Ssst! Sudah Tahu Rahasia CRM Ini? Yuk, Cari Tahu tentang Personalized Marketing!

07-01-2023 23:55:05, Dibaca: 1962

Apa itu Personalized Marketing?

Personalized Marketing atau disebut juga one-to-one marketing adalah strategi pemasaran yang memberikan layanan secara personal atau individual untuk setiap pelanggan. Dilansir dari Glints, personalised marketing memiliki tujuan untuk meningkatkan customer experience, customer loyalty, dan menghemat biaya iklan. Strategi ini bermula di tahun 1980-an, lahir dari konsep “relationship marketing” yang diusung oleh Leonard Berry, seorang profesor di Texas A&M University. Lambat laun, email marketing sebagai salah satu bentuk personalized marketing mulai populer di tahun 1990-an dan kemudian terminologi “one-to-one marketing” disebutkan dalam buku “The One-to-One Future” yang ditulis oleh Don Peppers dan Martha Rogers pada tahun 1994. Apa saja manfaat penggunaan strategi pemasaran tersebut? Berikut beberapa manfaat personalized marketing bagi optimalisasi CRM beserta tips implementasinya.

Manfaat Personalized Marketing bagi Bisnis

Personalized Marketing memiliki beberapa manfaat bagi bisnis, baik dari segi biaya maupun CRM.

1. Menyampaikan Informasi Lebih Terukur

Personalized marketing sangat mengandalkan data pelanggan dalam pelaksanaannya. Contohnya ketika perusahaan melakukan pemasaran personal seperti mengirimkan email marketing. Perusahaan harus memiliki data pelanggan terlebih dahulu untuk kemudian mengelompokkan mereka berdasarkan kategori dan mengirimkan email yang sesuai berdasarkan kategori tersebut. Perusahaan tinggal mengecek sesuai data yang dimiliki untuk memastikan seluruh pelanggan sudah mendapatkan informasi terbaru yang disampaikan perusahaan. Dengan demikian perusahaan akan lebih mudah mengukur performa strategi pemasaran tersebut dan mudah melihat total konversinya.

2. Menghemat Biaya Pemasaran

Personalized Marketing merupakan strategi yang terukur sehingga perusahaan sudah mengetahui target pemasarannya dengan jelas. Hal ini tentu akan lebih menghemat biaya dibandingkan strategi pemasaran tradisional yang tidak fokus pada target niche melainkan seluruh audiens.

3. Membangun Relasi dengan pelanggan

Pemasaran Personal sesuai namanya akan memudahkan perusahaan dalam membangun relasi personal dengan pelanggan. Alasannya, pelanggan merasa informasi yang disampaikan perusahaan sesuai dengan yang mereka butuh maupun inginkan sehingga terkesan lebih personal dan khusus ditujukan untuk mereka.

4. Meningkatkan Loyalitas pelanggan

Apabila pelanggan merasa diperhatikan oleh perusahaan dan merasa puas dengan informasi yang diberikan, hal ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan sehingga program CRM Anda yang lain juga lebih memiliki kemungkinan untuk berhasil. Selanjutnya Anda tinggal fokus mempertahankan pelanggan (customer retention) untuk mengehemat biaya pemasaran lebih lanjut.

5. Memudahkan Edukasi pelanggan

Target pemasaran personal adalah pelanggan yang sudah pernah “berinteraksi” dengan produk Anda sebelumnya. Dengan demikian, lebih mudah bagi perusahaan untuk mengedukasi pelanggan terkait dengan produk lain yang ditawarkan perusahaan.

Anda mungkin tertarik Siap-siap! Ini 5 Tren Bisnis di 2023 yang Potensial

Tips Implementasi Personalized Marketing Lebih Efektif

1. Selalu Kumpulkan Data pelanggan

Data pelanggan tidak hanya bermanfaat untuk email marketing, tetapi juga bentuk pemasaran personal lain seperti WhatsApp Community, Campaign di sosial media, dan telemarketing. Data yang dimaksud bukan sekadar nomor telepon atau alamat email, tetapi juga data mengenai gender, usia, dan lokasi pelanggan yang bisa Anda lihat melalui laporan insight Instagram.

2. Modifikasi Template saat Mengirim Email Marketing

Email yang dikirimkan kepada pelanggan kemungkinan memiliki template yang sama. Namun, Anda masih bisa memodifikasi pesan tersebut sehingga tetap memiliki kesan personal. Terlebih jika pesan yang dikirimkan adalah pesan ulang tahun dan hari raya.

3. Memanfaatkan Teknologi

Mengirimkan email kepada beberapa alamat email sekaligus dapat menguras waktu dan tenaga. Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan dalam hal ini. Misalnya dengan menggunakan software ERP seperti ERZAP yang memiliki fitur email blast dan newsletter untuk membantu Anda meminimalisir kesalahan ketika mengirimkan beberapa email sekaligus. ERZAP juga dilengkapi dengan fitur CRM lain seperti kategori dan jenis pelanggan. Dengan demikian, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengirimkan email berdasarkan kategori dan jenis pelanggan tertentu. Selain personalized marketing, ada strategi lain yang dapat Anda lakukan untuk menjaga relasi dengan pelanggan. Klik di sini untuk melihat tips menjaga loyalitas pelanggan atau klik tombol di bawah untuk mencoba fitur-fitur lainnya.

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Mudah Kelola Bisnis dengan Sistem ERP

01-03-2022 - Dibaca: 3855 kali.
Mengelola bisnis menjadi lebih mudah dan cepat dengan software ERP. Simak pembahasannya di artikel ini!
Baca selengkapnya...

Erzap Smart Repair Aplikasi Canggih untuk Manajemen Servis Elektronik

29-04-2025 - Dibaca: 2029 kali.
Aplikasi Erzap Smart Repair dirancang khusus untuk membantu pemilik bisnis jasa servis agar tetap bisa melakukan pencatatan layanan secara optimal—bahkan saat koneksi internet mati. Data penerimaan servis akan tersimpan secara lokal di perangkat, dan otomatis disinkronisasi dengan sistem ERP Erzap saat koneksi kembali tersedia. Dengan begitu, proses operasional menjadi lebih cepat, stabil, dan tidak lagi terganggu oleh kendala jaringan.
Baca selengkapnya...

Mesin Kasir Biasa VS POS System, Mana yang Lebih Baik?

07-05-2022 - Dibaca: 3660 kali.
Ini alasan kenapa POS lebih baik dibandingkan mesin kasir konvensional, klik untuk tahu lebih lanjut
Baca selengkapnya...

Cara Hitung THR Karyawan 2023

03-04-2023 - Dibaca: 2024 kali.
Artikel ini membahas tentang cara menghitung Tunjangan Hari Raya (THR) berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Pembaca akan memperoleh informasi mengenai cara menghitung THR untuk karyawan tetap maupun karyawan kontrak, beserta dengan contoh perhitungan yang jelas dan mudah dipahami. Selain itu, artikel ini juga memberikan tips dan saran mengenai cara mengelola THR dengan efektif dan efisien di dalam perusahaan, termasuk dalam hal pengelolaan anggaran dan pemrosesan administrasi THR. Dengan membaca artikel ini, pembaca akan memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai bagaimana melakukan perhitungan THR dan mengelola aspek keuangan di dalam perusahaan.
Baca selengkapnya...

Penarikan Prive pada Erzap

03-08-2020 - Dibaca: 6793 kali.
Prive adalah pengambilan dana dari owner/investor dari perusahaan yang mereka miliki/invest yang akan digunakan untuk kebutuhan pribadi. Penarikan Prive ini akan mengakibatkan pengurangan pada nilai Modal Awal Erzap dengan Modul Pembukuannya, mendukung pencatatan Penarikan Prive. Pada Tutorial kali ini akan membahas cara menginputkan transaksi Penarikan Prive
Baca selengkapnya...

Ssst! Sudah Tahu Rahasia CRM Ini? Yuk, Cari Tahu tentang Personalized Marketing! - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

Tips Pemasaran, Personalized marketing, pemasaran personal, email marketing

Personalized marketing merupakan salah satu jenis pemasaran yang efektif untuk mendukung CRM. Cari tahu lebih lanjut di sini.